Harga Bitcoin Melambung tinggi, Apa Pemicu nya?

Dream – Pamor uang virtual Bitcoin yang sempat meredup tiba-tiba kembali menyedot perhatian. Bagaimana tidak? data Google mencatat harga 1 bitcoin setara dengan Rp 56 juta.

Padahal sebulan yang lalu, nilai kurs bitcoin terhadap dolar AS dipatok seharga US$ 2 ribu atau Rp 27 juta.

Meroketnya harga bitcoin membuat banyak orang penasaran. Apalagi mata uang virtual ini sempat dikabarkan akan meredup setelah banyak negara yang menolak dan pencipta yang terlilit kasus hukum.

Dilansir dari CNN Money, Selasa 15 Agustus 2017, situs mata uang digital, Coin Desk, menyebut nilai tukar tersebut adalah rekor tertinggi. Harga uang ini naik empat kali lipat dari awal tahun. Pakar sulit menentukan penyebab melejitnya harga Bitcoin.

Namun Coin Desk memperkirakan lonjakan harga bitcoin itu kemungkinan dipicu oleh tiga faktor. Salah satunya cukup mengejutkan.

Pertama, Bitcoin cash. Sejak ada ketidakpastian dua minggu lalu, mata uang digital ini terpecah menjadi dua, yaitu Bitcoin dan Bitcoin Cash. Unit baru ini dibuat oleh sekelompok orang yang ingin menggunakan Bitcoin dengan lebih mudah. Harga Bitcoin Cash ini lebih murah 10 persen dari Bitcoin dan membuat uang digital ini semakin lebih menarik.

“Tingkat harga yang memecahkan rekor ini tampaknya mengindikasikan uang masuk ke pasar dan ditahan sambil menunggu hasil yang tidak pasti dari perpecahan jaringan Bitcoin,” tulis Coin Desk.

Faktor yang kedua adalah janji pembayaran lebih cepat. Bitcoin menawarkan keuntungan utama di software barunya, yaitu transaksi cepat. Uang digital ini juga meningkatkan kecepatan transaksi dengan mengutak-atik perangkat lunaknya sendiri.

Faktor yang terakhir adalah permintaan dari Jepang. Negara ini punya sejarah kelam dengan Bitcoin. Salah satu pendirinya, Mt. Gox, ditangkap oleh polisi Jepang pada 2015 dan sekarang sedang diadili karena penggelapan uang. Namun, kasus itu ternyata tak menyurutkan jumlah pengguna Bitcoin di Jepang yang terus menggunakan Bitcoin.

Bahkan pengguna Bitcoin di Jepang dikabarkan menyumbang lebih dari 40 persen terhadap pergerakan nilai uang digital ini.

Tertarik membeli bitcoin?

Artikel Asli


Load disqus comments

0 comments